Minggu, 13 Januari 2013

5 Produk Gagal dari Microsoft


5 Produk Gagal dari Microsoft


 Perusahaan-perusahaan besar kelas dunia pasti pernah meluncurkan produk yang gagal di pasaran. Selain faktor kualitas, anjloknya penjualan produk tersebut bisa disebabkan strategi pemasaran yang kurang pas. Terkadang, produk gagal tersebut bisa berubah menjadi dagangan laris di tempat dan waktu yang berbeda.

Microsoft pun pernah mengalami kegagalan tersebut. Beberapa gadget dan software buatannya jeblok di pasaran lantaran kalah bersaing dengan produk sejenis. Manajemen Microsoft yang dipimpin Bill Gates pun akhirnya menarik produk tersebut dari peredaran.

Ingin tahu apa saja produk gagal dari Microsoft? Ini sebagian di antaranya.

1. Zune, pemutar musik digital.
Microsoft menciptakan Zune sebagai pesaing untuk iPod buatan Apple. Namun target itu tak tercapai. Zune tak kuasa mengalahkan keperkasaan iPod yang fenomenal.

2. Windows Me, software komputer desktop.
Windows Me sedianya dijadikan pengganti sistem operasi Windows 98 yang cukup populer di awal abad 21. Namun Windows Me malah jeblok di pasaran lantaran dianggap terlalu lamban dan tidak stabil.

3. Microsoft Kin, telepon genggam.
Mungkin Microsoft berpikir bisa merebut segmen remaja saat meluncurkan ponsel Kin. Ponsel mungil dengan keyboard QWERTY model geser ini diharapkan menjadi pemimpin pasar untuk gadget khusus jejaring sosial. Namun dalam dua bulan penjualan Kin dihentikan lantaran tak laku. Produksi platform ponsel senilai US$ 1 miliar ini pun jadi percuma.

4. Windows Vista, software komputer.
Nasib Windows Vista bakal mirip dengan pendahulunya, Windows Me. Sistem operasi yang diproyeksikan meneruskan kejayaan Windows  XP ini dihujani kritik negatif terkait isu privasi, keamanan, performa dan proses aktivasi yang ribet.

5. Internet Explorer 6, browser internet.
Ada julukan baru untuk Internet Explorer 6: web browser terburuk sepanjang masa. Browser ini dikritik sebagai lantaran standar keamanannya yang rendah dan tidak mendukung aplikasi web modern. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar